Sabtu, 24 Oktober 2009

BP

Bersikap Tegas terhadap Siswa Nakal

Judul: Bersikap Tegas terhadap Siswa Nakal
Bahan ini cocok untuk Informasi / Pendidikan Umum bagian IPS / SOCIAL SCIENCE.
Nama & E-mail (Penulis): Siswanto,SE
Saya Guru di Nganjuk
Topik: Siswa yang Nakal harus di Tindak sesuai apa yang dilakukan
Tanggal: 10 Oktober 2007

Bersikap tegas terhadap siswa Nakal Dalam mengajari anak kita harus tegas dan disiplin. Jangan terlalu keras dan lunak. Kalau mereka dibiarkan begitu saja bertindak seenaknya maka kita sebagai guru akan disepelekan. Untuk itu hal-hal yang harus dilakukan guru adalah :

1.

Jangan pilih kasih terhadap murid kalau salah harus diberi sanksi melihat kesalahan.
2.

Tidak boleh main pukul karena ini akan mendidik anak untuk bertindak keras dan tidak baik untuk perkembangan anak.
3.

Sanksi yang diberikan anak salah harus sesuai dan jangan memberatkan juga mendidik.
4.

Bila nakal atau ramai di kelas harus cepat diberitahukan atau ditenangkan jangan dibiarkan.
5.

Anak yang tidak mengerjakan pr jangan dibiarkan saja harus diberikan sanksi tapi jangan memberatkan.
6.

Guru harus evaluasi diri dan harus jujur dengan siswa.
7.

Jangan memberikan pelajaran yang membuat anak bisa terpengaruh dengan jelek. Harus disesuaikan dengan apa yang dihadapi dan sesuai dengan umurnya.

Semua yang ada di atas itu adalah suatu hal yang perlu diperhatikan guru. Sebenarnya banyak sekali harus diperhatikan. Tetapi semua itu perlu mengerti dan memahami bahwa guru itu harus mendidik siswanya. Jangan dibiarkan siswa itu sendirian. Harus ada perhatian walau itu tidak banyak. Setiap mengajar anak harus diperhatikan apa yang akan disampaikan. Jangan menyampaikan hal-hal yang jelek. Nanti bisa membawa pengaruh jelek terhadap perkembangan siswanya. Beri nasehat yang memberikan motivasi belajarnya. Karena motivasi itu penting untuk menumbuh kembangkan hidupnya dalam mencapai cita-cita. Dalam hal memberikan sanksi harus tegas dan tepat. Jangan sembarangan memberikan sanksi pada anak yang sebenarnya tidak perlu.

Pendidikan itu tidak musti diberikan sanksi bila salah. Kalau memang siswa keterlaluan kekerasan itu juga perlu tetapi jangan sampai menyakiti sampai masuk rumah sakit. Janganlah guru itu menjadi momok dan menakutkan siswa. Harus seperti malaikat selalu menolong mereka dalam memahami pelajaran yang diajarkan. Terutama pelajaran yang sulit. Tak ada yang enak dalam hidup ini kecuali menjadi apa yang diinginkan sejak kecil. Maka keinginan hidup anak jangan dimatikan harus dihidupkan dengan memberikan motivasi diri anak. Maka sebagai guru yang baik itu adalah selalu memberikan :

1. Contoh atau tauladan sebagai anak yang baik bagaimana.
2. Jangan selalu mencerca atau mengolok harus memberikan motivasi yang baik.
3. Pendidikan yang positif dalam hidup anak.
4. Pelajaran yang sesuai diajarkan guru jangan menyembunyikan.
5. Nasehat tentang segala hal dimasukkan dalam pelajaran kalau itu perlu.

Jadi guru memang cukup memberikan gairah hidup karena bisa bercanda dengan siswa dengan banyolan dan tidak mengejek. Semua itu memang perlu kita sadari bahwa anak itu perlu kita. Maka kita lindungi dia dan perhatikan dia. Jangan dianak tirikan dan pilih kasih dalam memberikan pelajaran. harus semua sama kalau kita guru mengajar. Hidup guru Indonesia. Di tanganmu dunia ini bisa maju dan berkembang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar